Awal Mula Perjalanan Saya Menjadi Seorang Blogger

A.     Perjalanan Menjadi Seorang Blogger
Hallo sahabat, Semangat pagi. Senangnya saya bisa menulis dan berbagi dengan sahabat melalui tulisan ini. Sebuah tulisan yang ditunggu sahabat-sahabat yang ingin belajar bersama saya. Mungkin diantara sahabat pembaca ada yang belum mengenal saya. Maka dalam kesempatan ini kita berkenalan terlebih dahulu sebelum kita mulai belajar supaya kita bisa lebih dekat dan semakin akrab. Setuju!

Perkenalkan, nama saya Asep Solikhin kelahiran Indramayu, 22 Juni 1986. Saya mulai belajar blog sejak tahun 2007. Terus terang, pada tahun tersebut saya baru mengenal internet. Pegang komputer saja masih jarang, apalagi punya komputer sendiri yang pada saat itu menurut saya masih mahal.
Saya belajar blog setelah tahu yang namanya internet. Awalnya saya diberi tugas oleh guru mencari artikel untuk membuat makalah. Saat itulah pertama kalinya saya browsing. Itupun ditemani oleh seorang teman baru saya yang bertugas menjaga warnet. Saya diajarinya cara browsing dan mencari sumber yang dibutuhkan.

Sehabis itu, hampir setiap hari saya ke warnet hanya untuk mencari sumber materi untuk menyelesaikan tugas makalah karena pada saat itu lagi panen tugas, maklum masa-masa menjelang UAS.

Memang saya masih gaptek waktu itu. Ada salah seorang guru meminta tugas tersebut dikirimkan ke email. Apa email itu? Saya cari tahu dengan bertanya ke teman saya tadi. Dia bilang, “Yang namanya email itu surat lewat internet, jadi kamu tidak usah pake kertas dan mengirimnya lewat pos. Jadi kamu bisa ngirit tenaga dan ongkos”. Oke deh paham. Tanggung sudah menjelaskan email, dia saya mintai tolong untuk membuatkan email. Namanya juga teman baik, dia mau membuatkannya untuk saya. Saya ikuti langkah demi langkah membuat email. Alhamdulillah akhirnya saya mengerti cara membuat hingga menggunakannya.

Email, saya kira seperti alamat web. Saya coba ketik alamat email saya di kolom taskbar kemudian saya tekan enter. Yang terjadi adalah muncul laporan bahwa itu bukan alamat web melainkan saya diberitahu agar saya melakukan login menggunakan email tersebut. Maklum, saya kan gaptek.

Bagaimana cara membuat alamat web seperti yang pernah saya kunjungi. Saya tertarik membuat alamat web sebab saya bisa menulis dan berbagi pikiran kepada semua orang. Selain itu tulisan saya juga bisa menjadi referensi mereka yang sedang mencari artikel, itu juga kalau beruntung berada di halaman pertama mesin pencari. Saat itulah saya berusaha mencari cara membuat alamat web. Saya temukan cara mudah, cukup tiga langkah membuat alamat web plus gratis menggunakan blogspot yang sering disebut dengan blog. Langkah pembuatan blog insya Allah akan dijelaskan di pembahasan selanjutnya. Itulah kisah singkat tentang alasan yang melatarbelakangi saya membuat alamat web.

Sekarang, sahabat pembaca saya ajak menelusuri alasan yang menyebabkan sahabat ingin membuat alamat web. Saya yakin, sahabat pembaca memiliki alasan berbeda-beda. Alasan apapun yang sahabat punya akan menjadi modal utama supaya semangat sahabat dalam belajar semakin kuat. Untuk itu sebelum kita melanjutkan alangkah baiknya sahabat yang belum memiliki alasan diharapkan memilikinya terlebih dahulu.

Awal Mula Perjalanan Saya Menjadi Seorang Blogger


B.     Mari Mengenal Blog, Blogger, dan Blogging
Saya sering mendengar dan membaca istilah “blog”. Pada mulanya saya tidak tahu apa blog itu. Kemudian saya temukan informasi bahwa blog itu adalah alamat web juga dan dapat diartikan sebagai situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, disingkat www yang terletak di awal url atau alamat website, yakni berupa sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yaitu saling terkait dengan banyak dokumen dan bisa dibuka dengan menggunakan intenet. Selain itu kontennya bebas diupdate kapan saja oleh kita. Saat kita melakukan aktivitas update artikel di blog, aktivitas ini disebut blogging, sedangkan orang yang "ngeblog" disebut blogger.
1.      Jenis-Jenis Blog
Blog dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan platform, berdasarkan konten, dan berdasarkan temanya. Berikut ini adalah pembagian jenis blog:
a.      Jenis Blog Berdasarkan Platform (Penyedia layanan)
1)      Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, Tumblr, Medium, Svbtle, Quora, Postach.io, Google+, Facebook Notes, SETT, Ghost, Squarespace, Typepad, Posthaven, LinkedIn Influencers, dan masih banyak lagi. Blog jenis ini bisa didapatkan secara gratis dan panjang usianya. Penyimpanannya disediakan secara gratis juga oleh penyedianya (server). Jadi kita tugasnya tinggal update tiap hari atau tiap waktu, tidak usah memikirkan biaya dan habis masa penyimpanan data seperti self-hosting yang berbayar. Saya juga masih menggunakan layanan ini.

2)      Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, dan drupal. Blog jenis ini menuntut pemiliknya untuk memiliki ruangan penyimpanan sendiri. Ruang penyimpanan tersebut bisa didapatkan secara gratis dengan fasilitas yang bisa dibilang kurang luas. Kalau ingin lebih luas lagi penyimpanannya maka harus berani membeli ruangan penyimpanan data dengan harga sesuai dengan luas ruangannya dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. Blog ini memiliki perbedaan, yaitu bisa dijalankan secara offline.

3)      Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, fimadani, dan blogdetik. Setiap orang bisa mengisi artikel ke blog tersebut. Saya pun salah satu anggota dari blog ini. Saya juga pernah menulis di sana. Saya mendaftar dulu dengan mengisi formulir kemudian saya login dan langsung bisa menulis di sana. Tetapi, tulisan saya tidak langsung terbit karena harus ditinjau dahulu oleh tim redaksi. Saya harus menunggu beberapa waktu hingga akhirnya keluar juga tulisan saya.



b.      Jenis Blog Berdasarkan Format Isi (Konten)
1)      Vlog. Vlog atau Video Blogging atau Vlogging, yaitu blog dengan konten utama berupa video. Di dalamnya terdapat banyak video yang dibagikan secara gratis dan bisa ditonton secara live atau didownload. Contoh video blog ini adalah Yuvid, Youtube, dan lainnya.

2)      Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto. Diantara Phlog ini adalah photo bucket, picasa, instagram, dan lainnya. Di sana kita bisa download atau upload photo secara gratis.

3)      AudioblogBlog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya TvQuran, Podcast dan MP3blog. Kita bisa mendownload kumpulan tilawah para syeikh atau audio lainnya secara gratis di sini.

4)      Microblog yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Tetapi sekarang kita bisa menulis status panjang di facebok ditambah lagi dengan fasilitas Facebook Note yang bakal membuat Anda betah menulis.

5)      Niche Blog, yitu blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, pendidikan, agama, dan lainnya.

6)      General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu yang merupakan kebalikan dari niceblog. Blog semacam ini oleh para blogger disebut blog gado-gado karena di dalamnya serba ada.

c.       Jenis Blog Berdasarkan Tema
Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:
1)      Blog pribadi (berisi curhat atau catatan harian pribadi)
2)      Blog politik (menceritakan tentang kondisi terhangat tentang perkembangan perpolitikan saat ini.
3)      Blog kesehatan (di dalamnya terdapat cara dan tips hidup sehat, dimulai dengan cara pencegahan, perawatan, pengobatan, dan perawatan)
4)      Blog mode (berisi informasi mode pakaian terkini supaya pembaca tidak ketinggalan trend fashion terbaru)
5)      Blog agama (berisi tentang pendidikan dan dakwah agar pembaca tumbuh dan berkembang keimanan dan ketakwaannya.
6)      Blog pendidikan (berisi tentang pembangunan karakter dan moral bangsa untuk ikut berperan bersama pemerintah mencerdaskan bangsa)
7)      Blog wisata (berisi informasi lokasi wisata sebagai referensi liburan pembaca)
8)      Blog kuliner (berisi tempat-tempat yang menjual makanan unik dari daerah-daerah)
9)      Blog bisnis (seperti took online diperuntukkan sebagai sarana jual beli online)
10)  Blog "asal ada" (blog semacam ini asal jadi dan kemudian ditinggal pergi tanpa isi, yang penting punya blog)
11)  Blog spam, yaitu Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog). Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan popularitas. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link). Blog jenis ini banyak dihindari oleh para blogger dan menjadi musuh utamanya.

2.      Blogger Sendiri Dapat Dibedakan Seperti Berikut:
a.      Blogger Narsis
Blogger Narsis ini membuat blog untuk pencitraan diri. Segala aktivitas didokumentasikan. Foto-foto pribadi dipasang untuk mendobrak popularitas. Biasanya blogger ini suka travel, suka kuliner, atau suka selfi. Kemana-mana bawa kamera dan tongsis.

b.      Blogger Puitis
Blogger jenis ini senang mengoleksi puisi. Kata-katanya dibuat indah menggunakan pilihan-pilihan kata bersastra sehingga memiliki citarasa tersendiri. Pokoknya puitis banget.


c.       Blogger Pebisnis
Blogger pebisnis tidak lepas dari untung rugi. Selalu promosi setiap halamannya. Kalau blogger narsis itu mempromosikan diri, kalau blogger pebisnis pastinya punya produk yang ditawarkan kepada calon konsumen melalui blog bisnisnya.

d.      Blogger Kritis
Blogger kritis tulisannya biasanya berbobot dan mampu membuat otak pembacanya mendidih, entah karena tidak mengerti maksudnya atau karena kritiknya pedas level sepuluh. Blogger jenis ini peka terhadap kondisi lingkungannya. Dalam tulisannya lebih banyah himbauan atau ajakan untuk mencegah atau mendukung.

e.       Blogger Humoris
Blogger humoris, dalam setiap kalimatnya tersirat kata-kata yang menggelikan sehingga memancing pembacanya tertawa. Blogger jenis ini bersifat menghibur dan biasanya pemiliknya memang suka humor sehingga dalam blognya terdapat banyak stok lelucon pengundang tawa.

f.        Blogger Penulis
Setiap blogger adalah penulis. Bisa jadi. Tapi tidak semu penulis itu blogger. Blogger penulis, setiap harinya memiliki rutinitas menulis blog. Kalau sehari saja tidak menulis maka blogger ini akan galau karena kecanduan menulis.

3.      Etika Blogger
Sebagai blogger harus memiliki etika yang dapat mendukung agar menjadi blogger yang baik. Berikut ini etika yang harus dimiliki blogger:
a.      Blogger Harus Memiliki Tujuan yang Baik
Setiap segala sesuatu akan berakhir pada tujuannya. Apabila tujuannya baik maka akan baik pula di akhirnya. Maka seorang blogger yang baik pasti memiliki tujuan yang baik pula. Dia mengerjakan blog untuk berbagi ilmu dan mengharap pahala dari Allah.

b.      Blogger Harus Membuat Artikel Asli Buatan Sendiri
Pekerjaan seorang blogger adalah menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat. Bagaimana bisa berkualitas jika pemilik blog tidak mau berkreasi dan kerjaannya hanya copy paste saja. Maka seorang blogger hendaknya mampu menulis karena pada hakikatnya pekerjaan seorang blogger adalah menulis dan dengan menulis maka ilmunya semakin berkembang, dengan demikian tulisannyapun akan semakin berkualitas.

c.       Tidak Membuat Postingan yang Merugikan Orang Lain
Sebagaimana tujuan awal, seorang blogger harus mengawali aktivitas blognya dengan tujuan yang baik. Dengan kata lain, karya-karyanya tidak merugikan orang lain, seperti kekerasan, penghinaan, penipuan, memecah belah, dan tindakan negatif lainnya.

C.     Kegunaan Blog
Setelah sahabat berkenalan dengan blog, blogging, dan blogger serta macam-macam jenis dan tujuannya maka kita perlu mengetahui manfaat dari blog.

Blog memiliki banyak manfaat, selain kita bisa memiliki alamat web sendiri juga bisa mendapat penghasilan dari blog. Dalam pembahasan ke depan, sahabat saya ajak untuk bisa berpenghasilan hanya dengan menggunakan blog gratisan. Maka oleh sebab itu saya menyusun Panduan Membuat Blog Sampai Dapat Duit ini. Dalam panduan ini saya telah merangkai mulai dari cara membuat blog gratis dan mudah, memperindah blog, mendapatkan pengunjung blog yang banyak, hingga cara mendapatkan penghasilan dari blog. Jadi, jangan lewatkan setiap langkah dalam panduan ini.

0 Response to "Awal Mula Perjalanan Saya Menjadi Seorang Blogger"

Post a Comment