6 Langkah Ajaib Menyulap Blog Jadi Buku

Hobi nulis sejak kecil bukan karena faktor keturunan. Orang tua saya keduanya sama sekali tidak punya hobi nulis. Ayah saya kerjanya sebagai petani ngurusin sawah tiap hari dan ibu saya seorang IRT.

Boro-boro bisa nulis panjang seperti anaknya, sekolah saja gak sampai SMP. Maklum orang zaman dulu, cuma orang kaya yang bisa lulus sekolah dasar, yang disebut sekolah rakyat pada masa itu.

Makanya saya sudah nulis bahwa bisa nulis itu bukan faktor keturunan. Silakan baca Jago Nulis Bukan Faktor Keturunan

Faktanya banyak dan bisa dibuktikan bahwa menulis bukan bawaan genetik tetapi karena faktor pembiasaan. Seperti pembiasaan diri pada saya sejak kecil yang suka nulis walaupun nulis awalnya cuma ngumpulin kata-kata mutiara dari buku-buku dan pengajian. Kemudian suka bikin puisi sejak SMP sampai ada pelanggannya yang suka ngoleksi puisi saya. Bahkan ada yang minta dibuatin puisi buat lomba walaupun mendapat juara pertama.
6 Langkah Ajaib Menyulap Blog Jadi Buku

Sampailah pada masa dunia digital seperti sekarang. Gak seperti dulu yang punya komputer cuma orang kaya saja. Sekarang laptop sudah dijual seperti ikan asin di pasaran. Hampir pada punya laptop setiap rumah. Handphone juga sudah pada canggih, termasuk HP saya canggih walau belinya second.

Nah, di zaman yang canggih ini terbuka banyak informasi dengan mudahnya didapatkan. Cuma nyentuh dengan ujung jari apa yang kita cari bisa muncul dalam sekejap, cring terwujud di depan mata.

Saya manfaatin fasilitas yang sudah dikasih para provider yang baik hati. Saya berterimakasih sekali kepada mereka yang sudah memberikan fasilitas gratis. Fasilitas yang menunjang aktivitas menulis saya sehingga hobi saya tersalurkan dan mudah dipublikasikan, selain itu malah bisa dapat penghasilan dari hobi nulis tersebut. Asik bukan?

Silakan baca: Kumpulan Mesin Uang

Saya bisa nulis sesuka hati sebanyak apapun tanpa ada batas ruang dan waktu. Itulah fasilitas dari blogger.com, sebuah layanan penyedia blog gratis yang sudah dimiliki oleh google. Saya sudah bertahun-tahun punya blog lebih dari 5 buah bahkan sampai 10 sampai sekarang tidak pernah ada bon tagihan dari google.

Blog gratis yang disediakan blogger.com ini bisa jadi website gratis. Bahkan dapat menyaingi popularitas website berbayar tinggi. Blog saya yang gratisan ini bisa muncul di halaman pencarian google paling atas di halaman pertama dengan kata kunci tertentu. Sekarang kata kunci yang masuk artikel populer yaitu tentang novel. Lihat saja popular post blog saya. Ketik judul novel yang paling pupuler di popular post pada pencarian google, pasti ada di urutan paling atas. Jadi Anda juga bisa punya blog gratis seperti blog ini. Saya sudah kasih caranya, silakan buka tutorialnya artikel berjudul
Mudahnya Membuat Website untuk Pemula

Barang kali masih bingung, d sana saya sudah buatkan video tutorialnya. Jadi mudah-mudahan mempermudah Anda membuat website gratis seperti saya.

Oh iya, judul artikel ini kan tentang menyulap blog jadi buku, itu gimana kisahnya?

Oke. Kita bahas sekarang tentang

Menyulap blog jadi buku.


Terinspirasi dari blog punya teman saya yang juga blogger dan sudah berpenghasilan dari aktivitas ngeblognya. Beliau share cara mengubah blog menjadi buku.

Saya sudah praktikkan cara beliau dan hasilnya, saya menulis jadi terarah dan lebih semangat seolah ide bermunculan di dalam kepala. Serius saya bagikan tips ini buat yang sunggugan pengen nyusun buku.

Pertama, silakan buat tema mau nulis buku tentang apa nih. Utamakan tema yang dikuasai supaya tidak mentok dan mati ide di tengah jalan sebab banyak penulis yang terlalu pede berakhir jalan di tempat dan naskahnya tak kunjung selesai akibat terlalu muluk-muluk ngambil tema. Silakan cari tema-tema yang dikuasai.

Kedua, buat outlinenya seperti kerangka buku berupa daftar isi. Setiap babnya mau membicarakan apa nantinya? Silakan tulis bab dan sub babnya disertai deskripsi tentang apa yang akan ditulis supaya mempermudah mengembangkan ide sesuai tema yang dipilih. Selain itu outline ini dibuat supaya kita bisa fokus dalam satu pembahasan sehingga terarah mau berbicara apa pada setiap babnya sehingga tidak ngelantur ke sana kemari.

Ketiga, kumpulkan tulisan yang sesuia outline tadi dalam satu ketegori. Di dalam blogger.com ada pilihan label. Bisa dipelajari di bagian cara membuat website yang sudah saya sediakan linknya di awal. Fungsi label ini adalah untuk memudahkan kita mengelompokkan artikel sesuai dengan kategori. Anda bisa lihat contoh kategori di blog saya. Ketika diklik kategori tersebut maka semua artikel yang sudah saya setting dengan kategori sama akan muncul listnya dalam satu halaman. Jadi saya lebih mudah menemukan calon artikel untuk buku saya yang sudah dikoleksi dalam blog gratis.

Keempat, silakan kalau sudah terpenuhi semua daftar yang ada dalam outline, saatnya Anda kumpulkan dalam sebuah dokumen. Bisa dalam bentuk file doc atau pdf.

Kelima, buat judul yang menarik. Silakan baca cara-cara membuat judul yang paling diminati pembaca.

Keenam, setelah siap naskahnya, cari informasi tentang penerbit buku. Pilih penerbit buku yang lagi mencari naskah yang sesuai dengan tema naskah Anda. Penuhi syarat-syaratnya dan coba ajukan untuk diterbitkan. Mau nerbitkan buku sendiri juga bisa. Anda bisa mencari informasinya di internet.



0 Response to "6 Langkah Ajaib Menyulap Blog Jadi Buku"

Post a Comment