Meningkatkan Semangat Menulis

Dalam tulisan sebelumnya, saya telah menjelaskan bahwa menulis merupakan skil dan keahlian menulis itu sendiri dapat diperoleh dengan cara melatih diri sendiri yaitu membiasakan menulis. Tidak ada istilah penulis gagal di dunia ini, yang ada adalah penulis yang hilang semangat menulisnya sehingga sama sekali tidak dapat merekam inspirasinya ke dalam tulisan.

Semangat menulis sangatlah penting untuk dimiliki oleh orang-orang yang menginginkan skil menulis tersebut. Sebab dengan semangat itulah dia akan berusaha mencari informasi dan inspirasi dari mana pun datangnya.

Orang yang sudah semangat menulis, apapun yang dia lihat, dengar, dan rasakan akan menghasilkan ide. Ide tersebut dia jadikan sebuah informasi yang dapat menginspirasi banyak orang. Dia menuliskannya dalam sebuah teks panjang.

Sedangkan cara untuk meningkatkan semangat menulis menurut pengalaman saya adalah faktor keinginan. Maka setiap orang yang menginginkan semangat menulis tersebut harus memiliki kesungguhan dalam keinginannya.

Baca: Kemampuan Menulis Bukan Faktor Keturunan

Keinginan bukan hanya di bibir saja. Keinginan harus disertai kesungguhan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk kerja nyata. Sebab sering terjadi, ada orang yang ingin semangat menulis lalu tiba-tiba keesokan harinya dia tidak menulis sedikitpun. Setelah diperhatikan ternyata kesungguhannya tidak ada. Kemungkinan ada faktor lain yang membuat semangat menulis menurun atau hilang sama sekali.

Keinginan ini tentu saja diiringi keinginan yang lainnya. Misalkan seseorang ingin cepat selesai membuat tugas karya ilmiah, dia akan berusaha membaca banyak buku dan melakukan penelitian-penelitian denganbiaya yang tinggi. Ingin mendapat nilai A, dia harus berusaha mengerjakan tugas misalnya membua cerita pendek. Mengikuti lomba menulis, sehingga dia terpacu untuk menulis dengan sebaik-baiknya. Membalas surat dari orang yang ter... sehingga harus dan wajib menulis agar semakin... Namun yang sekarang saya lakukan adalah menginginkan menulis sampai minimal 500 judul tulisan di website ini. Selanjutnya saya akan menulis lagi di website saya yang lainnya dengan jumlah tulisan yang sama. Saya sendiri terpacu semangat menulis karena saya ingin sekali sukses dalam dunia blogging. Semangat ini saya peroleh dari membaca tulisan orang-orang sukses di dunia blogging. Tentunya semangat yang terpenting bagi saya adalah keinginan untuk berbagi manfaat kepada teman-teman sekalian.
Meningkatkan Semangat Menulis

Sesungguhnya banyak sekali cara untuk meningkatkan semangat menulis. Tetapi apalah artinya jika setelah semangat menulis itu ada kemudian tidak mengerjakannya segera. Niscaya hasilnya tidak akan ada karya. Dengan kata lain inspirasi dan semangat itu akan segera hilang. Maka yang harus dilakukan, segeralah menulis ketika semangat itu ada. Segera ikat inspirasi dengan menuliskannya sebelum ia pergi.

Semoga setelah membaca tulisan ini, semangat menulis Anda meningkat. Demikian dari saya, insya Allah saya akan segera menuliskan tentang sumber-sumber inspirasi yang mesti diketahui bagi para penulis (pemula). Terimakasih

0 Response to "Meningkatkan Semangat Menulis"

Post a Comment