Penyebab Nabi Ibrahim Diangkat Derajatnya

Umat nabi Muhammad Saw diperintahkan untuk mengikuti ajaran yang disampaikan oleh nabi Ibrahim As. Nabi Muhammad mengajarkan agama tauhid sebagaimana nabi Ibrahim mengajarkan agama tauhid kepada kaumnya.
Allah telah meninggikan derajat nabi Ibrahim dan keturunannya. Allah telah mengangkat derajat beliau bukan tanpa sebab. Allah mengangkat derajat beliau karena sebab-sebab berikut ini:
Pertama, Nabi Ibrahim adalah orang yang teguh mengikuti ajaran tauhid di tengah keluarga dan kaumnya yang masih menyembah patung. Karena beliau menentang maka beliau harus mendapatkan hukuman raja yaitu dibakar hidup-hidup namun beliau tidak gentar sedikit pun dan tetap memegang teguh akidahnya Allah menjadikan api tersebut tidak panas untuknya. Berkat keteguhannya Allah naikkan derajatnya.
Kedua, Nabi Ibrahim termasuk nabi yang sabar. Beliau diberikan oleh Allah banyak ujian. Beliau diusir kaumnya. Percobaan pembunuhan padanya seperti dibakar hidup-hidup oleh penguasa yang zhalim. Selain itu ayah beliau pembuat berhala tidak mau mengikuti ajakan beliau. Bahkan sampai ayahnya memusuhinya karena pertentangan tersebut menjadikan usaha mendapat penghasilan dari patung terhalang oleh pemahaman nabi Ibrahim yang anti berhala. Dengan sebab tetrsebut Allah naikkan derajatnya.
Ketiga, Nabi Ibrahim memiliki jiwa rela berkorban yang tinggi. Beliau rela berkorban demi menegakkan ajaran tauhid. Harta benda bahkan nyawa pun rela dikorbankan. Hingga suatu hari Allah menguji agar beliau menyembelih anaknya. Beliau pun memenuhinya. Anak yang begitu dicintainya harus disembelih. Namun Allah menggantinya dengan hewan ternak terbaik untuk dijadikan kurban. Oleh karenanya Allah naikkan derajatnya karena pengorbanannya untuk Allah SWT.
Keempat, Nabi Ibrahim dikaruniai keturunan yang shalih. Beliau sudah lama sekali tidak diberi keturunan. Lalu beliau berdoa agar diberikan keturunan sebagai penerus perjuangannya untuk menebar agama tauhid. Allah menjadikan keturunan beliau menjadi para nabi dan rasul. Sehingga beliau dijuluki sebagai bapak para nabi. Allah kabulkan permintaannya dan Allah naikkan derajatnya karena keturunannya yang shalih.
Demikianlah beberapa sebab yang menyebabkan nabi Ibrahim diangkat derajatnya. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk semakin meningkatkan kualitas diri agar Allah pun mengangkat derajat kita di sisiNya. Aamiin.

0 Response to "Penyebab Nabi Ibrahim Diangkat Derajatnya"

Post a Comment